Tubuh Butuh Makan Sehat

Written By Unknown on Tuesday, March 27, 2012 | 2:00 AM

Tubuh Butuh Makan Sehat Tubuh manusia mengandung cairan sebanyak 55-75 persen dari berat tubuh. Artinya, seseorang yang memiliki berat 50 kilogram, setidaknya mengandung 27-33 kilogram air di dalam tubuhnya. Kekurangan cairan tubuh sekitar dua persen sudah memicu gangguan kesehatan ringan.

Jaga tubuh selalu terhidrasi untuk mempertahankan fungsi tubuh dengan baik. Tak hanya dengan asupan air minum, pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh juga terbantu dari asupan makanan mengandung air, seperti dikutip Times of India.

Ada tiga kategori makanan yang berperan membantu menghidrasi tubuh: buah-buahan berair segar, sayuran berdaun hijau, dan sup berbasis air.

Hampir semua buah mengandung memang air. Tapi, yang memiliki kandungan air maksimal adalah semangka. Dan, level selanjutnya: apel, kiwi, jeruk, kelapa, stroberi, dan semua jenis berry.

Untuk sayur, lebih baik santap sayuran mentah, semacam lalapan. Sebab, teknik pengolahan seringkali menghilangkan kelembaban alami sayur yang penting untuk membantu menghidrasi tubuh. Sementara sup yang disarankan adalah sup kaldu dengan isian sayur.

Jangan remehkan dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh memicu gangguan kesehatan. Mulai dari gangguan ringan seperti mudah mengantuk, hingga penyakit berat seperti penurunan fungsi ginjal.

Berikut tiga tanda atau gejala dehidrasi:

• Dehidrasi ringan
Gejala: terasa haus, bibir kering, tenggorokan kering, kulit kering dan sakit kepala.

• Dehidrasi sedang
Gejala: pusing, denyut nadi meningkat, tekanan darah menurun, lemah, urine kental (warna kuning), volume urine sedikit.

• Dehidrasi berat
Gejala: kram otot, lidah bengkak, sirkulasi darah memburuk, fisik sangat lemah, penurunan fungsi ginjal dan pingsan

Ingin hidup lebih sehat? Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal enam gelas per hari dan meningkatkan asupan makanan kaya air Tubuh Butuh Makan Sehat

Anda sedang membaca artikel tentang

Tubuh Butuh Makan Sehat

Dengan url

http://mazdacarmodification.blogspot.com/2012/03/tubuh-butuh-makan-sehat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tubuh Butuh Makan Sehat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tubuh Butuh Makan Sehat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger